dimana ibu dan ayah?

Posted: November 29, 2010 in Ngerumpi, string

apakah berkaitan dengan saya yang lagi merantau di pulau seberang?? bukan, bukan. etapi kadang saya kok juga kangen ya, nyari nyari ibu meskipun saya tiap minggu slalu telpon beliau, ayah juga. ngerasa berbeda banget kondisinya waktu saya masih di jogja, yag notabenya lebih deket dengan solo meskipun kalo saya pulang ke solo dari tempat saya sekarang, waktu yang ditempuh juga sama, sekitar 2 jam. bedanya di ongkos doang sih, 😀

cuma pengen cerita tentang seorang temen, sebut saja namanya bunga. (kalo ada yang sama, anggap saja ini bunga ke 2 😀 ). jadi, temen saya ini cewe, iya, saya juga punya temen cewe, ngga cowo semua kok. dia termasuk cewe yang hebat, pintar, dan punya selera humor tinggi.

suatu hari dia punya pacar, eh udah lama deh kayaknya. iya udah lama sebelum saya kenal dia, dia punya pacar. mereka saya lihat sangat cocok banget, bahkan bisa saya sebut pasangan yang hebat karna setiap ada masalah, mereka saling sabar dan terbuka satu sama lain untuk menyelsaikan masalah mereka. susah senang mereka lalui bersama. keren ga sih? engga ya?? ya udah, tapi saya tetep ngiri sama mereka berdua… 😀

suatu hari, si Bunga ikut sebuah kontes model, dan karna memang dia berbakat juga cantik, dia memenangi kontes tersebut.

“Bunga, selamat ya” ucapku

“iyaaa makasih yaaa. ah, seneng banget deh, telpon si pacar dulu ah, kasih tau kalo aku juara kontes ini.” balas Bunga

dilain waktu, dia dipercaya oleh jurusanya untuk mengikuti ajang debating forum tingkat nasional yang diadakan di kampus saya.

terlihat bunga berbicara dengan telpon genggam yang terhubung dengan pacarnya sebelum lomba dimulai.

“hai sayang, eh aku mau lomba nih. doain akyu yaaach…”

“iyaaa iyaaa, aku berusaha koook, aku inget kamyuuu dech kalo tar bingung pas lomba, biar fresh lagih otakyuuu…jadi lantjar deh mikirnya.”

“ya udah ya sayaaaang, doain akyu loooch, jangan lupa…byeeee…emmmmuaaach!”

 

kebetulan saya nonton lomba itu dan ternyata bersama beberapa rekanya, dia mendapat juara 2 tingkat nasional.

hebat! kataku dalam hati.

“hai bunga, selamat yah, wah keren kamu…bisa juara 2 di forum debat level nasional euy” ucap si bram.

“ah, iyaa….makasih bram.eh bram, liat cowokku ga?? aku mau kasih tau dia ni kalo aku bisa juara” balas Bunga sambil menyisir poninya.

“ga tau nih, sorry ya lagi buru buru, bye..” kata bram.

 

suatu hari lagi, si Bunga ini mendapat masalah dengan teman dekatnya hanya karna masalah sepele. dan, ah…aku ga mau tau apa masalah orang.

“sayaaang, aku ada masalah niiih…sama lala. dia itu ngebetein banget. kliatanya suka iri iri gitu deeeh ama aku. tiap aku beli barang atau bisa juara, dia pasti jadi aneh ke aku. maunya apa sih! nyebelin deh.”

begitu secuplik omongan Bunga dengan cowoknya.

================================================================

 

saya sempet berfikir, mereka memang pasangan yang hebat, pasangan yang serasi, yang menurut saya sempurna. tapi tetap ngerasa ada yang kurang menurut saya.

ibu dan ayah…iya, orang tua kita.

saya dan mungkin anak muda jaman sekarang memang terkadang dan bahkan mungkin seringkali melupakan sosok orang tua ketika kita mempunyai teman atau pasangan.

 

saat seneng, saat sedih, saat pengen curhat pun mungkin pertama kali yang kita hubungi adalah pacar/pasangan atau BB kita.

 

atau mungkin bagi kita orang tua sekarang adalah tempat saat kita semua sudah benar benar kekurangan…….materi. 🙂

“ibu, minta duit buat beli ini doooong..”

“ayah, beliin aku tas dooong..”

 

Advertisements

uang adalah raja?

Posted: November 19, 2010 in Ngerumpi, string

hai hai teman temin, warga wargi, kawan ka….ssssttt. 😀

 

kenalin saya anak baru di rumpi, baru aja dateng inih…salam kenal kakak, om, tante. 🙂

 

eh pagi ini di kota makassar cerah banget, meskipun kemaren sempet mendung. begitu juga rumah ini. eh? *carimati*

 

eh itu yah, saya kan baru aja masuk ke dunia kerja tuh ya, jadinya mungkin saya sedikit masih membaw sisi idealis seorang anak muda…errrr…ya, saya memang masih muda, muda banget malah…. #abaikan

 

sisi idealis yang mana? tentu ada banyak sisi idealisme yang saya bawa, dan salah satunya tentu masalah ekonomi, lebih mengerucut lagi masalah uang.

 

nah berbicara masalah uang, tentu kita semua butuh uang kan yah? uang buat beli makan,makan untuk hidup. uang buat beli pakaian, pakaian buat nutupin si ipin ama si upin biar gag di liat orang orang. uang buat beli rumah, rumah yang buat berteduh kita kalo ujan biar gag keujanan, kalo panas juga biar gag kepanasan. yah, okoknya mbulet dan muter muter disitu situ deh.

nah, di tempat kerja saya itu yah, eh di perusahaan apapun, pastinya kan tiap personal, tiap bagian, tiap departemen punya yang namanya tanggung jawab sendiri sendiri. tiap pkerjaan ada yang menangani dan kita yakini aja bahwa yang ditunjuk itu advance di bidangnya. kalo engga kan nanti juga keliatan hasilnya.

nah, ada tuh kasus di tempat saya kerja, pekerjaan lapangan, yang seharusnya dikerjakan oleh karyawan outsource tapi malah dikerjakan ama karyawan ‘dalam’ sendiri. yang notabene karyawan dalam bekerja untuk menganalisa masalah yang terjadi di lapangan dan nyari solusi biar gag kejadian lagi. pun seandainya keluar ke lapangan, mereka hanya jadi ‘mandor’ untuk mengawasi pekerjaan lapangan apakah pekerjaan sudah bener apa belum. sesuai SOP apa tidak, dan sebagainya.

 

“sempat saya tanya, kok engga di kerjakan pihak ke tiga pak??”

jawaban yang keluar dari mulut si bapak adalah,

“daripada dikerjain orang luar, mending kita aja yang ngerjain. kontrak kerja dan duitnya kan gede…sayang kalo gag di ambil”

 

nah, disini saya bingung dan lucunya. pekerjaan lapangan benar benar mengandung risk yang luar biasa gede, soalnya berhubungan dengan tegangan tinggi. yah, kalo teganganya kaya di rumah rumah sih ngga masalah, hla ini 100kali lebih gede. udah gitu harus manjat tiang tinggiiiiii banget. eh, lumayan tinggi ding, ngga tinggi banget.

 

bayangan saya gini sih,

karyawan ‘dalam’ seharusnya bekerja sebagai analisator, karna sesuai dengan level dan tanggung jawabnya. seandainya mereka kerja di lapangan dan (naudzubillah, semoga engga) terjadi kecelakaan kerja. kena tegangan tinggi trus si ipin jadi layu, atau tangan harus di amputasi, eh mending kalo tangan di amputasi, hla kalo kepala yang di amputasi gimana coba? kan kasian keluarga malah, cuman gara gara mengejar duit?

memang, dengan duit kita dapat beli rumah, tapi ngga bisa beli kehidupan

memang, dengan duit kita dapat beli jam tangan, tapi bukan waktu

memang, dengan duit kita bisa membeli posisi, tapi bukan kehormatan

duit memang jadi bagian dari kebahagiaan, tapi tidak semuanya.

“dicuplik dari bbm temen”

 

ah, ini sih ceracau saya yang masih abal abal inih. tapi emang kenyataanya seperti itu dilapangan, duit bagaikan raja. dan saya, memang harus melihat samudera lebih luas lagi. 🙂

 

semangat berkarya warga 🙂

 

 

salam abal abal. 😀

 

ketika suka ngegosipin orang

Posted: August 27, 2010 in Ngerumpi, string

(maaf sebelumnya, ini saya pake artisnya cewe 😀 , tapi cowo juga tetep ada kemungkinan nge- gosip juga.)

—————————————————————————————————

gue sempet dengerin celotehan temen di kampus, celotehan seorang cewe yang suka ngegosip ituh. dia berpidato di tengah temen-temen sesama perempuan yang juga hobi ngegosipin orang lain. ah, gue pikir, mereka pantes jadi budak infotainment, ato bahkan pengisi acara gosip di tipi tipi.

“ih tau gag sih lo, cewe itu tuh, punya cowo baru”
“oh yaaa…wah…kok bisa yah??”
“hallah, cewe kaya gitu mah…dia kan matre, paling ngejar hartanya, bukan karna laki laki itu bertanggung jawab”
“iiih iya dueeeh, pasti kaya gitu dueeeh”

——————————————————————————————————–

itu penggalan obrolan mereka. yang gue pikir dan gue rasa sih, itu mirip obrolan anak usia balita yang masih dalam tahap perkembangan. belum paham kalo mereka sedang mengumbar kelemahan mereka.

gue ngerasa bete kalo denger orang suka ngebicarain orang lain. bukan karna gue udah ‘bener’, gue masih jauh dari ‘bener’, tapi gw emang paling risih kalo lagi pada ngumpul trus ngebicarain orang lain yang ngga ada disitu dan terkadang malah jadi fitnah. dan gue rasa pembicaraan seperti itu lebih banyak suudzonya, daripada prasangka baiknya.

ah gimana kalo kondisi kita balik… (kita setting ala saat pacaran, karna prolog di atas tentang relationship )

saat mereka, orang orang yang pinter ngegosip dan omong kosong itu…malah nelen ludah mereka sendiri.
yang suka ngegosip itu, yang bilang kalo “hallah, cewe kaya gitu mah…dia kan matre, paling ngejar hartanya, bukan karna laki laki itu bertanggung jawab”
mempunyai kondisi sedang pacaran sama laki laki yang,

1. belum lulus kuliah
2. sudah lulus tapi ngga dapet kerjaan?? karna males nyari kerja.
3. suka ngajak si cewe jalan jalan mulu yang akhirnya si cewe gagal lulus kuliah tepat waktu?

so, what will happen with this girls?

kalo cewe yang punya pikiran positif, mereka bakal berusaha mengkondisikan kekurangan itu, mereka benahi untuk jadi lebih baik. mereka pahami bahwa no bodies perfect. bahwa mereka juga bisa jadi seperti yang mereka lihat, yang mereka sedang bicarakan.

tapi,…

kalo cewe yang ‘tipis’ yah paling juga, ketika mereka ngeliat kondisi temen yang lebih baik dari mereka, maka mereka pun bakal meracau, entah ngegosip, entah bikin woro woro yang ngga jelas sambil ngumpulin keluarga gosipers mereka ato bahkan yang paling menyedihkan sampe menJudge orang lain yang engga engga. tanpa mereka tau dan tanpa mereka paham kondisi sebenarnya. karna mengenalpun tidak! miris!

kelemahan orang terbesar terlihat ketika kita ajak bebicara, dia akan membicarakan kelemahan orang lain. ketahuilah bahwa dia telah mengumbar kelemahan dan kekurangan dirinya sendiri.

halah, cuman lirikan doang.

Posted: August 26, 2010 in Ngerumpi, string

“eh tau ga sih, aku dulu pas KKN itu, engga pernah liat kamu.”

“KKN?? owh, kita kan beda unit.”

“ya kan sering kumpul bareng karna satu lokasi kabupaten.”

“yaaa, aku kan pendiem, ngga banyak omong, kul gituh.” #muntahgajah

“hallah…aku dulu malah ngelirik cowo lain, yang itu tuh…yang ketua unit 3 ituh. dia kan ganteng, keren.”

“ooooh, si paijo itu yah??”

“iya, dia..gantengan dia daripada kamu”

“ya emang gantengan dia, yang kamu lirik juga dia, uhuk! tapi kan kamu ngejatuhin hati kamu ke aku.” #NgupilPakeObeng

 

 

selamat pagi wargaaaaa 😀

senyuuummmmm 😀

Tantangan Kopdar Rumpiers Jogja

Posted: August 25, 2010 in Ngerumpi, string

hai hai teman temin, kawan kawin..eh? ;))

 

baiklah, tanpa basa basi dan ba bi bu. dengan ini, saya sebagai Deputi Humas Ngerumpi JOGJA yang akan segera lengser jabatan, ingin mengundang temen temen warga Ngerumpi bagian Indonesia Jogja dan rumpiers rumpiers semua yang mau dateng, buat ketemuan, kopdaran, dan maen dakon bareng di jogja.

berdasarkan kitab primbon yang saya baca, dan sedikit pengetahuan tentang kamasutra..eh?? acara kopdar diadakan pada:

Hari: INI!!! Rabu.

Tanggal: sekarang!! 25 Agustus 2010.

Tempat: Angkringan KR. (mari kita budayakan angkringan…hedoooph angkringann!!)

Jam: 19.00 (abis Isya…nanti tarawehnya bisa munfarid kok ;)) #wahihi #bejat )

Acara: maen kelereng? engga lah…Kopdar tentunya. eh tapi kalo mau bawa kelereng juga gpp ;)) . kita ketemuan lagi setelah beratus tahun ngga pernah ngelihat senyum senyum kalian. #eaaa

 

dan…saya mewakili Chiil yang bertindak sebagai Humas Ngerumpi Jogja sebenarnya dan telah ditetapkan dalam undang undang, maka saya mo ngajak temen temen yang ngga ada acara, yang lagi pengen ketemu artis keren momod kita siapa lagi kalo bukan om  Warm yang berkualiti itu.

eh abe abe, tanya dooong??

tanya apa?? 

kalo bawa anak boleh ngga?? Boleh!! boleh banget..asal jangan anak tetangga.

egh..kalo bawa temen sekampung?? bisa!! tempatnya luas, asal bayar sendir tar!

anu, kalo mau bawa..uhuk! pacar?? silahkan, bebas…dueh! 😀

 

:: jadi yah, ini acara bebas, mo bawa apa aja boleh, asal jangan bawa bom, dilarang!

 

kami tunggu tantangan kopdar ini buat temen temen Ngerumpi Indonesia area Jogja, Solo, Semarang, bandung, Surabaya, Jakarta, bahkan Amerika.

 

Datang dan ramaikan acaranayaaaah… ;))

 

-the end-

hai teman temin

Posted: August 21, 2010 in Ngerumpi, string

hai hai teman temin..kawan kawin…eh?? :-“

 

anu, ini saya posting rada ga jelas sih..pengen bales aja postingan bang zia kemaren ituh…hehe

 

jadi begini, saya pribadi bener bener mo ngucapin makasih banyak buat semua warga…hehe..semua doa dan dukungan. tulisan tulisan yang menginspirasi saya. artikel artikel keren yang saya suka rusuhin. yang saya suka rating item, entah itu artikel om keren warm ato tulisan gokil berkualiti gaya kaka pandhu. semuanya bener bener membuat saya belajar banyak. belajar tentang memahami orang, belajar tentang perasaan, belajar tentang humor, belajar tentang kualitas, belajar tentang gombal warming, dan tentunya belajar tentang makna hidup yang begitu kompleks yang semuanya ada di tulisan tulisan warga disini.

satu tulisan baru, satu masalah baru, satu solusi baru dan tentunya satu pelajaran baru. 🙂

itu yang saya dapat dan saya terapkan di hidup saya selama menempuh kuliah yang akhrinya kelar juga inih. kalian benar benar menginspirasi pikiran saya yang kering, ide saya yang cetek dan hati saya yang sempat merasakan kaku.

alhamdulillah, kemaren saya kelar amanah kuliah, meskipun baru es lilin, masih kalah jauh jika dibanding om warm yang keren ato mama syifa yang tembem ituh. dan jangan dibandingkan juga dengan mbakdos , dosen cerdas masakini ato bahkan simbok ama mamih yang bisa ngasuh kita semua disini. saya bukan..ehm..belum apa apa. 🙂

buat bang zia juga, saya mo ngucapin thx banget…kemaren dibuatin artikel bermutu yang insyaAllah pantes buat diludahin..eh..maap, maksudnya pantes buat disimpan di soft file hardisk lepi saya. 😀

untuk semua warga, tetap menulis untuk bisa menginspirasi warga yang lainya.

u are awesome!!

 

(siap siap dibotakin 0 cm euy T_T )

tips pacaran di bulan Puasa

Posted: August 14, 2010 in Ngerumpi, string

Tips cara pacaran yang sehat dibulan puasa ramadhan, Di lihat dari judulnya, pasti udah tahu, apa sih yang gw bahas? ahay, yes. Anda benar sodaraku. Yang jelas bukan cara efektif nyatokin rambut berbasis mikrokontroller, saya mengusung TIPS Pacaran di Bulan Ramadhan! Hmm..cocok banget buat anak muda kaya kalian. Okeh Jeck.., tanpa banyak pemanasan, kita mulai TIPS yang pertamah!!!

1. Dont Touch
Tips ini celaka buat para pacaraners yang hobi banget nyentuh-nyentuh pacarnya. Biasanya laki-laki nih yang hobi, tapi enggak menutup kemungkinan cewek juga doyan. Inti puasa kan menahan hawa nafsu, jadi tahanlah nafsu kamu-kamu buat menyentuh walopun itu berat.tapi, masa berat sih? cuma enggak nyentuh doang kok berat? Kan aktifitas sentuh menyentuh bisa di ganti dengan lomba lari keliling kampung, lebih sehat dan sarat muatan lokal (hm,kayak pelajaran bahasa daerah )

Contoh Kasus :Setting -> dalam bioskop XXI lagi nonton ceritanya..*ya iyalah masak lagi kuliah
Cewek : Mas, tanganmu di jaga dong!! Ini tuh lagi puasa ya mas, harus menahan hawa nafsu..
Cowok : Lho? tanganku ndak ngapa-ngapain kok? dua-duanya lagi tak pake ngupil. Lho ini lho, liat!
Cewek : Lha terus yang dikantongku ki opo? geli-geli semriwing gitu!
Cowok : Lha wong hamster kamu kantongin, yo jelas GELI! Aneh-aneh wae kowe dek-dek..
Cewek : Oh iyo ding..hehe
Pesan Moral : jangan nyimpen hamster di kantong, bisa mati hamsternya..
?

2. Hindari berduaan
Temen saya, si xxxxx (sensor)… pernah bilang kalo ada orang berdua-duaan maka yang ketiga adalah yoga nirrojim eh syaiton nirrojim..Nah, supaya nafsu tetap terjaga, kurangi frekuensi berdua-duaan..ntar aja hbs selesai puasa (lhoo??? wkwkwk..bercanda) Ato sebisa mungkin hindari… Biasanya anak muda jaman sekarang pinter-pinter nih, modus berdua-duaannya canggih-canggih. Ada tadarus berdua, pengajian berdua, buka puasa berdua, nonton ceramah KH Zainuddin MZ berdua, dan berdua-dua yang lainnya. Hati-hati, jangan mengotori susu sebelangan gara-gara nila setitik. Enggak asik tau dab…!!! hehe

Contoh kasus:
Cowok : Hani Bani Sweti, (cuih cuih..!!), ayok kita semarakkan ramadhan kali ini dengan tadarus berdua! *ciye-ciye..Eheemmm
Cewek : Hayuuk! Kebetulan ini aku lagi di Masjid Nurul Hakim. Ayo kita ngaji sampe 25 Juz!
Cowok : Ya udah Hani Bani, aku kesana yach! mmuuah (ceritanya kalo pas sms pasti pake cium2an gt deh boo’)
Cewek : Eh eh tunggu dulu Sayang, Kamu ke Masjid Al-mizan ajah…
Cowok : Loh? kok gitu hani Bani? lagian jarak dua masjid itukan 30 kilogram eh kilometer?
Cewek : Iya, jadi nanti kalo aku selese ngaji satu Juz, kamyu aku sms. Terus gantian kamu yang ngaji satu Juz.
Cowok : …….. *mlempem + mrengut
Cewek : esensinya kan berdua? kenapa? protes? enggak suka? enggak mau? putus aja dech kalo gitu…
Cowok : huwaaaaa….!!! 😥 (nangis darah)
Pesan Moral : banyak jalan menuju Roma sodaraku.

3. Hindari Bujuk Rayu Gombal Cis Pret
Ini nih, ada pantangan yang dilanggar dalam berpuasa ketika kamu melakukan ritual bujuk rayu cis pret. Biasanya yang cowok-cowok nih yang sering (hehe aku juga ding.. :P). Oke, pantangan yang di langgar adalah :berbohong. Bujuk rayu Gombal Cis Pret rentan sekali dengan kebohongan. Pacar gemuk dibilang langsing, kecil dibilang efisien, botak dibilang irit, jelek dibilang ganteng dan setia. Daripada berbujuk rayu gombal cis pret, lebih baik kamu alihkan tema pembicaraan ke tema-tema kemanusiaan seperti: gempa , angka kemiskinan di Indonesia, kuliah di elektro yg sulit manyulit dan solusi pencegahan perdagangan anak-anak, dan lain-lain… Lebay dikit gpp bro asal positif..huakakak…

Contoh Kasus:
cowok : Dik, kamu kok kelihatan manis dan langsing sih?minum sinzui ya?
cewek : Itu sabun, Bang.
cowok : Oh, ah *pura-pura bego’…intinya kamu cantik bangethari ini. Ehem, kamu tau enggak? indahnya rembulan tak sanggup un…..
cewek (langsung nyamber) : Bang, serem ya gempa di tasik kemaren. banyak banget yg makan korban daripada makan bakso. Apalagi yang di cianjur tuh bang disertai longsor. Enggak kebayang deh, rasanya gimana. Jiwa sosial saya bergetar, Bang. Ada tuh ya, bang. Seorang cowok yg lagi ngerayu-ngerayu pacarnya gitu, persis kaya kita ginih, terus tiba-tiba ketiban longsor. Mati Bang, MATI..!!!
cowok : ……*nelen ludah
Pesan Moral : jangan ngerayu di deket area rawanlongsor…wkwkwkakak e e (lagu Piala dunia..)

4. Be Serious
Nah, jadikan momen ramadhan ini sebagai momen untuk membawa hubungan ke arah yang lebih serius. Jangan disitu-situ aja, jangan biarkan saya eh syaiton berkutat dalam hubungan kalian. Segera ambil tanggung jawab secara utuh. Buat yang laki-laki, temuin ortunya dan bilang dengan lantang :” Saya suka dengan BAPAK. eh, maksudnya “Saya suka dengan ANAK BAPAK!” ..Buat yang cewek, mulailah melakukan perundingan dengan orang tua. “jadi pah, mah, Rina uda sreg banget ama mas Yoyo, udah klop kaya perangko ama tukang jual prangko nya. Kita pengin membawa hubungan ini ke arah yang serius..”Ingat, friend. Ramadhan bulan penuh berkah.” hehe

Contoh kasus :
Cowok : Bapak, SAYA SUKA DENGAN ANAK BAPAK DAN SAYA INI LULUSAN UGM !! *Berbicara keras dan lantang + PeDe
Bapak : so?
Cowok : BULAN INI BULAN PENUH BERKAH!! SAYA INGIN MEMINANG ANAK BAPAK!
Bapak : Saya tolak..
Cowok : Lhah? kenapa pak? APA SAYA KURANG DEWASA?
Bapak : tetap saya tolak.
Cowok : Sungguh ter – la – lu..EMANG KENAPA SIH PAK?
Bapak : KAMU ENGGAK LIAT APA MUKA SAYA BASAH BELEPOTAN GINI.,,TELINGA SAYA MASIH BERFUNGSI DENGAN BAIK! KALO NGOMONG MBOK YA NDAK USAH TERIAK-TERIAK, MUNCRATNYA ITU LOH NDAK PAKE ANALISIS..!! *Plaaaaakkk..!!!!GAMPAR SENDAL..!!!
Cowok : ………… *Pulang ke Rumah, ndak jadi Ngelamar…minta bimbingan Dosen Akademik
Pesan Moral : harus sopan di depan orang tua.

Oke Guys, Ini sedikit tips dari temen gw,,ya sedikit banyolan tapi yang penting intinya…okeee..?? SEMANGAT..Jalani Rutinitas Dengan Positif di Bulan Ramadhan

 

di posting juga di blog aneh ini